Wednesday, May 24, 2017

Manfaat Hidup Rukun Antar Satu Sama Lain

Hidup rukun antar sesama yaitu hidup dengan bedampingan tanpa membeda-bedakan pandangan dan keyakinan, saling menghargai satu sama lain, dan saling bantu membantu. Akan terasa indah jika hidup rukun itu kita jalakan dimanapun dan kapanpun. Permusuhan antar umat manusia tidak memiliki manfaat sama sekali, karena dengan adanya permusuhan, orang akan menjadi tidak fokus terhadap sesuatu, nampak hidupnya tidak tentram, dan hanya memberi efek negatif terhadapnya. Lain halnya jika anda hidup rukun dengan sesama, karena akan banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Hidup Rukun Dalam Lingkungan

Apa saja manfaat dari hidup rukun tersebut? Berikut diantaranya:
  • Akan Tercipta Keharmonisan Bersama
Saling membantu dan tolong menolong satu sama lain akan menciptakan suasana yang harmonis. Satu sama lain juga akan selalu ada saat anda membutuhkan bantuan, begitu juga sebaliknya anda akan merasa terpanggil saat orang lain membutuhkan bantuan anda.
  • Rasa Tentram, Nyaman, Dan Aman
Hubungan yang terjaga dengan baik dengan lingkungan akan membuat keadaan lebih aman dan nyaman, karena ancaman dari pihak luar menjadi semakin kecil, bahkan tidak ada. Lingkungan juga akan enggan mengganggu anda, jika anda juga tidak mengganggunya.

  • Tercipta Suasana Dengan Komunikasi Yang Baik Antar Sesama
Komunikasi anda dengan lingkungan akan terjaga dengan baik, tidak saling menjatuhkan. Dengan komunikasi yang baik akan menjauhkan dari permusushan antar sesama, tidak akan ada pertengkaran, dan hal negatif lainya.

  • Mempererat Tali Persaudaraan
Dengan adanya hidup rukun maka akan tercipta tali persaudaraan yang baik antar lingkungan, sehingga persatuan dan kesatuan akan terjaga dengan baik.

  • Memiliki Banyak Saudara
Bukan hanya teman saja yang anda dapatkan, namun juga persaudaraan. Hal tersebut akan membuat anda tidak akan merasa sepi karena mereka akan selalu ada saat kau butuh.

  • Memperkecil Resiko Perselisihan
Dengan adanya hidup rukun, maka satu sama lain akan saling membantu dan mendukung. Tidak ada rasa iri dengki, yang dapat menimbulkan perselisihan.

Itulah manfaat hidup rukun antar sesama. Tidak ada gunanya saling bertengkar, saling bermusuhan. Damai itu indah. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda semua.