Tuesday, June 6, 2017

Manfaat Berbagai Bumbu Dapur


Bumbu dapur ataupun rempah-rempah tidak lepas dari lidah orang indonesia. Tidak salah jika di dapur selalu tersedia rempah-rempah atau bumbu lainnya. Bagi orang zaman dahulu rempah-rempah atau bumbu dapur tidak hanya sebagai penyedap masakan tetapi juga sebagai obat-obatan ataupun untuk manfaat lain.

Manfaat Berbagai Bumbu Dapur

Di bawah ini berbagai macam bumbu dapur dan manfaatnya yang perlu kita ketahui:

  • Bubuk kunyit untuk menghentikan pendarahan

Jika bagian tubuh ada yang terluka sehingga menyebabkan darah mengalir sebaiknya taburkan bubuk kunyit secukupnya pada luka. Tunggu 1 menit, lalu lap bersih. Kunyit adalah astringent alamiah yang mengerutkan pembuluh-pembuluh darah, mempercepat pembekuan darah. Selain itu aksi antibakteri kunyit membantu mencegah infeksi.

  • Kencur untuk mengobati pegel dan lelah

Minum ramuan beras kencur setelah bekerja keras dapat membuat tubuh letih, lemah dan lemas menjadi enak. kencur sejak dulu di gunakan nenek moyang kita untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari masuk angin atau perut kembung, mengatasi badan pegal, batuk, sakit kepala, sakit otot, sampai rematik.

  • Warna pakaian lebih tahan lama dengan lada hitam

Pakaian yang berwarna cerah termasuk tren warna yang di gemari banyak orang terutama anak-anak usia remaja. Agar warna tetap awet dan tidak mudah pudar cobalah tambahkan 1 sendok teh lada hitam pada air dingin saat mencuci baju. Karena piperine di dalam lada bukan hanya mencegah warna pudar tetapi juga membantu mencegah luntur.

  • Redakan nyeri dengan cengkih

Cengkih mengandung minyak eugenol yang menghambat cyclooxy, sejenis enzim yang menyebabkan inflamasi yang menyebabkan sakit dan nyeri.

  • Jahe untuk mengatasi kembung, gas dan kram pada perut

Jahe di cuci bersih, di bakar setengah matang lalu di pukul-pukul setengah kemudian seduh dengan air hangat di sertai gula jawa sebagai pemanis. Niscaya perut kembung ,pilek dan gas segera hilang.

  • Kayu manis untuk berpikir jernih

Kayu manis di anggap sebagai bumbu yang menguatkan otak karena kandungan cinnamyl acetate dan cinnamyl alcohol mengoptimalkan sirkulasi darah ke otak.

Itulah berbagai manfaat dari bumbu dapur. Semoga bermanfaat.