Monday, June 5, 2017

Manfaat Sup Ayam Yang Harus Kamu Ketahui


Sup ayam adalah makanan berkuah yang memiliki rasa lezat dan gurih, selain bermanfaat sebagai teman nasi yang enak, ternyata sup ayam juga memiliki manfaat lain, yaitu meringankan flu yang menyerang.

Tidak selamanya penderita influenza harus disembuhkan dengan antibiotic atau vaksin anti flu saja. Tubuh manusia yang sedang mengalami gangguan flu akan terasa lemas yang terkadang disertai nyeri di beberapa persendian.

Manfaat Sup Ayam Yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang sudah saya katakan diawal bahwa sup ayam bisa digunakan untuk meringanka flu, ini terbukti dan sudah dilakukan penelitian ilmiah untuk menguatkan pernyataan tersebut.  Seorang ahli dari Amerika Serikat bernama Dr.Stephen Rennard berhasil menemukan kandungan sup ayam yang mampu membantu mekanisme pertahanan paru-paru. Ia meneliti sup ayam buatan istrinya yang berasal dari resep turun temurun nenek moyangnya.  Dokter dari University Of Nebraska ini mengungkapka dampak sup pada neutrofil,sel sel darah putih yang menstimulasi pengeluaran lender. Hasilnya kemudian di terbitka dalam jurnalkedokteran Chest dengan judul Sup Ayam Mampu Menghambat Pergerakan Neutrofil.

Beberapa ahli lain dari University Of Nebraska Medical Centre juga berhasil menemukan kandungan yang terdapat pada sup ayam. Yaitu dalam sup ayam (dan) sayur (dengan volume air yang sama, kalengan) (1 gelas) terdapat 75 kalori dengan rincian sebagai berikut: kalori: 34% lemak, 46% karbohidrat, 20% protein dengan ukuran porsi umum. Dalam 100 gram terdapat 9 kalori, dan 1 gelas (240 ml) mengadung 75 kalori. Kandungan ini memiliki funsi untuk memicu reaksi perlawanan terhadap flu dengan cara menghambat pergerakan neutrofil.neutrofilsendiri adalah sel-sel darah putih yang bekerja merangsang pengeluaran lendir atau ingus.

Dari semua hasil penelitian menyimpulkan bahwa sup ayam mampu memicu reaksi perlawanan terhadap flu dan pilek sekaligus menyembuhkaya. Selain kandungan tersebut diatas juga karena terdiri dari bahan yang dibutuhkan oleh orang sakit, seperti sayuran kaya nutrisi seperti bawang, wortel, seledri, kentang, dan tentunya potonga daging ayam dan kaldu ayam.

Selain itu sup ayam juga mengandung anti inflamasi (semacam formula pereda dan penghilang radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme atau non infeksi). Uap sup yang panas juga bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat.

Sup ayam juga mempunyai kadungan kolagen protein, niacin, vitamin B6 dan fosfor yang bagus untuk memulihkan stamina dan kekebalan tubuh. Lebih-lebih jika ditambah bawang putih dan sejumlah sayuran lainya, gunanya untuk meningkatkan efek anti peradangan.

Itulah manfaat lain yang wajib ada ketahui di dalam sebuah sup ayam. Semoga artikel tersebut bermanfaat menambah wawasan bagi anda.