Sunday, June 4, 2017

Manfaat ASI Untuk Pengobatan

Memberikan ASI (Air Susu Ibu) sejak dini akan membuat bayi tidak gampang terserang penyakit ataupun alergi. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi dan antibodi yang terkadung di dalam ASI, semisal IgG, IgA, IgM, IgD, dan IgE yang berfungsi untuk mengobati secara alami, tanpa menimbulkan inflamasi atau peradangan.

Selain itu, dengan kandungan antibodi yang berlimpah, maka bukan tidak mungkin kalau ASI dapat digunakan sebagai solusi masalah kesehatan untuk anak yang sudah tidak mendapatkan ASI lagi, untuk remaja, dan orang dewasa.

Manfaat ASI Untuk Pengobatan

Berikut manfaat ASI yang lain, antaranya:
  • Pengobatan Telinga
Infeksi pada telinga bisa diatasi denga meneteskan ASI ke kanal telinga, cukup tiga sampai empat tetes saja. Usahakan tetesan mengalir secara alami ke kanal telinga (jangan langsung ke kanal). Menurut Univercity Of Maryland Medical Centre, infeksi telinga biasanya dialami pada bayi usia 6 sampai 16 bulan.

  • Pengobatan Mata
Jika mata anak anda sering memerah, jangan kebuu panik dulu. Mata merah ini dikenal dengan istilah conjunctivitis atau pink eye. Kondisi ini adalah kelainan biasa yang umumnya disebabkan oleh alergi, iritasi atau virus flu. Dengan kandunga probiotic laden non acidic, ASI diyakini dapat membantu mengatasi conjunctivitis ini, selain dapat mengatasi conjunctivitis, ASI juga dapat berfungsi sebagai pembersih lensa kontak.
Cukup dua tetes ASI pada mata seperti meneteskan obat mata. ASI sudah sering digunakan pada ibu untuk mengobati conjunctivitis, tetapi jangan lupa sebelumnya berkonsultasi terhadap dokter terlebih dahulu.

  • Pengobatan Luka Dan Gatal
Jika kulit anak anda terluka, lalu terasa gatal seperti tersengat, maka segera bersihka dengan ASI. Sedikit tetesan cukup membantu luka segera pulih. Kandungan antibodinya seperti IgA mampu membunuh bekteri yang tumbuh di sekitar area luka.

  • Sebagai Pembersih Wajah
Kandungan lauric acid mampu mengatasi jerawat pada remaja. untuk jerawat, cuci muka dengan air bersih, lalu usapkan ASI pada area jerawat, lalu biarkan mengering secara alami. Sebagai pembersih wajah, usapkan wajah dengan ASI lalu bersihkan wajah dengan handuk.

  • Sebagai Pembunuh Kanker
Menurut National Institutes Of Health, ASI mengandung lactalbumin yang mampu membunuh 40 jenis sel kanker.
Itulah manfaat ASI sebagai pengobatan, semoga bermanfaat bagi anda semua.