Sunday, May 21, 2017

Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan


Gula aren adalah gula yang dibuat dari bahan alami (aren). Warna gula tersebut tidak sama dengan gula pasir, yaitu berwarna merah kecoklatan. Gula tersebut dapat ditemui hampir diberbagai wilayah di Indonesia, karena pembuatan gula tersebut sudah menyebar. Gula aren memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan (selain juga bisa dijadikan bahan makanan dan minuman).

Selama ini banyak orang yang tidak mengetahui bahwa gula aren itu mempunyai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan, bahkan ada yang meragukan kalau gula aren itu baik untuk dikonsumsi. Artikel ini saya buat untuk memberikan informasi tentang manfaat gula aren bagi manusia.

Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan

Manfaat bagi kesehatan tersebut antara lain:
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat gula aren yang pertama adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan demikian anda tidak akan mudah terserang penyakit. Sehingga anda disarankan untuk mengganti gula pasir dengan gula aren tersebut.

  • Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Gula merah memiliki kandungan niacin, yaitu zat yang dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Tubuh perlu menjaga kadar kolesterol agar keseimbangan tetap terjaga. Itulah manfaat gula aren bagi kesehatan manusia yang kedua.

  • Memperlancar Peredaran Darah
Manfaat gula merah yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah memperlancar peredaran darah. Dengan mengkonsumsi gula aren maka peredaran darah keseluruh tubuh akan menjadi lancar sehingga organ di dalam tubuh berfungsi dengan sempurna.

  • Mencegah Anemia
Anemia  atau kekurangan darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi gula aren tersebut. Hal tersebut dikarenakan dalam gula aren terdapat kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia.

  • Menambah Tenaga
Manfaat gula aren yang terakhir adalah dapat menambah tenaga. Kandungan kalori (walaupun tidak banyak) sudah cukup memberikan manfaat bagi energi anda.

Banyak manfaat yang perlu diketahui akan barang disekitar kita, salah satunya adalah gula aren. Itulah manfaat gula aren asli bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi anda semua.