Sunday, May 21, 2017

Manfaat Game Bagi Kecerdasan Anak


Permainan atau game sekarang ini marak bak jamur di musim penghujan hehehe, namun tidak semua game cocok dan baik dimainkan oleh anak-anak. Untuk itu sebagai orang tua kita harus bisa mengarahkan dan mendidik agar anak tidak salah dalam memilih game. Namun anda perlu tahu nahwa ternyata game yang sesuai dengan anak akan bermanfaat bagi kecerrdasan anak itu sendiri.

Ada baiknya anda sebagai orangtua untuk menyisihkan uang untuk membelikan sebuah perangkat game, ini bertujuan agar sebagai orangtua anda bisa memantau permainan apa saja yang dimainkan oleh sang anak. Daripada anak main ketempat game online diwarnet atau rental PS, yang tidak mungkin anda pantau setiap detik.

Manfaat Game Bagi Kecerdasan Anak

Jangan melarang anak untuk bermain game karena game yang baik ternyata dapat memberikan manfaat positif bagi kecerdasan anak. Manfaat apa saja yang bisa anak dapatkan lewat game tersebut? Inilah diantaranya:
  • Mengajarkan Anak Cara Menyelesaikan Sebuah Masalah
Manfaat game bagi anak yang pertama adalah mengajarkan anak cara menyelesaikan sebuah masalah. Disetiap permainan game maka tujuan utamanya adalah menang, nah sebelum kemenangan itu diraih maka dibutuhkan strategi dan jalan keluar untuk memenangkanya. Itu merupakan stimulasi otak anak agar kecerdasan otaknya terjaga dan terasah.

  • Mengajarkan Anak Untuk Bekerjasama
Didalam game ada yang namanya multiplayer, nah ada salah satu option yang bisa dipilih yaitu bekerjasama dalam menyelesaikan sebuah permainan. Disini sang anak bisa bekerjasama  dengan temanya untuk sama-sama bahu membahu dalam mengatur strategi agar permainan dimenangkan. Itulah manfaat bermain game bagi anak selanjutnya.

  • Melatih Koordinasi Otak Dan Tangan
Manfaat yang diperoleh dari game bagi anak selanjutnya adalah melatih koordinasi otak dan tangan. Dalam game tangan berfungsi menjalankan apa yang anak anda inginkan, jika pikiran anak ingin menggerakan ke kiri maka secara reflek tangan anak anda juga menekan tombol arah kiri (begitu pula sebaliknya).

  • Merubah Mood Anak Yang Tidak Bagus Menjadi Bagus
Usia anak juga bisa mengalami yang namanya stres, nah dengan game sang anak dapat mengubah moodnya menjadi lebih baik.

  • Melatih Kesabaran
Manfaat permainan atau game yang terkahir adalah melatih kesabaran. Lewat game, anak juga diajarkan untuk bersabar ubtuk menyelesaikan sebuah permainan, nah hal tersebut secara otomatis akan mengajarkan sang anak untuk bersabar dalam hal apapun.

Itulah manfaat game bagi kecerdasan anak. Semoga bermanfaat bagi anda semua.