Friday, May 26, 2017

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Buah sirsak atau ada yang menyebutnya sirsat, merupakan salah satu buah yang selain enak dan segar rasanya, ternyata daunya juga memiliki manfaat  bagi kesehatan tubuh. Di dalam daun sirsak terdapat kandungan kimia yang sangat bermanfaat, diantaranya annohexocin, annonacin, anomourine, caclourine, annocatalin, genstisicacid, annomuricin, gigantetronin, linoleid, acid, muricapentosin. Senyawa kimia itu mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia terhadap serangan penyakit, menjaga kesehatan, menghambat sel pemicu kanker, serta mengobati beberapa macam penyakit.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Adapun beberapa penyakit yang bisa diobati dengan daun sirsak antara lain:
  • Asam Urat
Caranya adalah, ambil 5 sampai 7 lembar daun sirsak lalu direbus dengan 100 ml air, kemudian dimasak hingga mendidih. Setelah dingin lalu disaring dan diminum rutin setiap hari. Kurang dari 2 bulan, kadar asam urat yang tinggi akan turun. Itulah manfaat daun sirsak yang pertama.

  • Pengobatan Eksim Reumatik
Manfaat daun sirsak yang kedua adalah untuk mengobati eksim reumatik, caranya adalah ambil 10 lembar daun sirsak (cuci terlebih dahulu) lalu ditumbuk hingga halus, kemuian tempelkan pada bagian yang sakit. Senyawa kimia anomourine, caclourine, dan gigantetronim akan mengeluarkan rasa menthol yang mampu meringankan dan mampu sekaligus mengobati bagian tubuh yang terkena reumatik.

  • Kanker
Kegunaan daun sirsak yang terakhir adalah untuk mengobati kanker. Senyawa kimia yang terdapat pada daun sirsak mampu menghambat pertmubuhan sel pemicu kanker. Hal ini sudah dibuktikan dari beberapa ahli dari eropa terhadap penderita. Caranya, ambil 7 lembar daun sirsak (ambil yang agak tua), lalu direbus dengan 3 gelas air (600 cc) hingga tersisa 200 cc, kemudian saring dan dinginkan. Minumlah pagi dan sore secara rutin, kurang dari 3 bulan hasilnya akan terlihat.

Sirsak bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, melainkan daunya juga. Hal yag dianggap sepele seperti ini jarang sekali orang yang mengetahui bahwa ternyata ada manfaatnya. Seperti yang sudah saya tulis diatas, itulah manfaat dan kegunaan daun sirsak untuk kesehatan manusia, semoga bermanfaat.