Sunday, May 28, 2017

Manfaat Air Kelapa Murni Yang Perlu Kita Ketahui

Selain karena kesegaranya yang alami, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, air kelapa murni juga mempunyai manfaat sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dan memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, dan tidak berkalori tinggi.

Sekitar 1 gelas air kelapa murni memiliki sekitar 46 kalori, sedangkan santan memiliki 550 kalori. Air kelapa juga tidak  mengandung lemak dan sebagian besar kandungan air kelapa murni adalah gula alami dan mineral, kaya akan magnesium, kalium, dan memiliki kandungan serat yang tinggi.

Manfaat Air Kelapa Murni

Dibawah ini beberapa manfaat yang terkandung di dalam air kelapa murni:
  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan dan komposisi elektrolitnya yang sangat mirip dengan cairan tubuh manusia dapat berguna sebagai penghilang rasa haus. Minumlah air kelapa murni disaat rasa haus menyerang anda, hal tersebut bisa memberikan rasa kenyang yang tahan lama dan air kelapa murni dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis.


Proses ini otomatis akan membuat porsi makan anda menjadi berkurang,sehingga konsumsi kalori menjadi menurun. Selain itu, minum air kelapa murni dapat membantu membuang racun sehingga dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan mengurangi rasa lapar.

  • Mengganti Cairan Tubuh Saat Olahraga

Air kelapa sudah dikenal sebagai minuman alami yang baik dikonsmsi saat olahraga. Minuman ini akan lebih baik diminum saat latihan ringan. Sekitar 1 gelas air kelapa menggantikan lebih dari 10% kalium elektrolit dari dosis harian yang hlang melalui keringat saat olahraga.


Namun manfaat ini akan berkurang ketika anda berkeringat cukup banyak atau setelah melakukan latihan berat, sebab ketika banyak berkeringat, tubuh kehilangan 10 kali lebih banyak sodium dibanding natrium. Sedangkan air kelapa hanya mengandung swekitar 30 mg sodium per gelas.

  • Bebas Kolesterol Dan Rendah Gula

Selain rendah kalori, air kelapa uga bebas kolesterol. Selain itu kalium yang diakndungnya lebih banyak dibandingkan dengan 4 buah pisang. Minumn ini juga mrmiliki citra rasa yang manis, berisi karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

Air kelapa memiliki kadar gula lebih sedikit dibandng beberapa jenis minuman olahraga dan mengandung gula jauh lebih sedikit daripada soda. Sehingga minuman ini sangat aman dikonsumsi baik dewasa maupun anak-anak.

Namun perlu di ingat bahwa jangan mengkonsumsi air kelapa murni ini secara berlebihan karena akan membuat kalori bertambah dengan sangat cepat. Minumlah secara wajar saja, jangan berlebih. Semoga bermanfaat bagi anda.