Thursday, June 29, 2017

Manfaat Buah Kepel Untuk Kesehatan


Pohon kepel merupakan pohon yang memiliki buah sebesar kepalan tangan orang dewasa (mungkin hal ini yang mempengaruhi nama buah tersebut). Buah kepel sudah sangat jarang ditemui, hanya beberapa tempat yang masih terdapat buah tersebut.

Manfaat Buah Kepel Untuk Kesehatan

Pada jaman dahulu buah kepel dikenal sebagai deodoran yang alami. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari buah kepel tersebut, antara lain:

  • Mencegah terjadinya batu ginjal

Buah kepel tersebut bersifat uterik yang dapat memperlancar air seni. Maka dari hal tersebut maka buah kepel dipercaya dapat membersihkan batu ginjal. Bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah kepel maka dapat membuat air seni menjadi harum.

  • Menghaluskan Bayi Yang Baru Lahir

Buah kepel memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, hal tersebutlah yang menjadi alibi bahwa dengan memakan buah kepel saat hamil akan menjadikan bayi yang dilahirkan mempunyai kulit yang halus dan bersih.

  • Menurunkan Kolesterol

Daging, buah, dan biji mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol. Sedangkan daunnya juga mempunyai kandungan yang hampir sama, yaitu flavonoida dan polivenol. Daun tersebutlah yang dapat menurunkan kolesterol pada tubuh. Caranya adalah dengan menjadikan daun pohon kepel untuk lalapan.

  • Radang Ginjal

Buah kepel juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya radang ginjal. Cara pemakaiannya adalah pisahkan daging dan biji biah kepel. Konsumsi setiap pagi (satu buah saja), maka akan mencegah radang ginjal.

  • Asam Urat

Cara penerapannya adalah dengan mengambil 7 lembar daun kepel, tambah dengan tiga gelas air, kemudian rebus hingga menyisakan satu gelas air saja. Minum dua kali sehari (masing-masing satu sendok makan). lakukan sampai asam urat sembuh.

  • Bau Keringat

Cukup mengkonsumsi buah kepel secukupnya, maka bau keringat dan bau badan, juga bau mulut akan hilang.

Itulah beberapa manfaat dari buah kepel untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat.